Wednesday, December 16, 2015

Cara Aman Berkendara Jarak Jauh

Perkendaraan Mobil atau pun kendaraan roda dua (misal touring)  memerlukan persiapan yang matang agar dapat mengurangi masalah yang timbul saat berada diperjalanan yang jauh dari rumah penduduk.
Untuk anda yang ingin melakukan touring / wisata di daerah Kalimantan, bisa sewa / rental kendaraan / mobil di daerah  Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Balikapapan di Kalimantan Timur dengan harga yang cukup murah.
Karena beberapa lokasi di pedalaman Kalimantan, baik itu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan seterusnya masih sulit ditemukan bengkel mobil atau motor. Sehingga setidaknya sudah disiapkan peralatan wajib seperti, pompa ban dan tambal ban ekspres, kunci-kunci pengganti ban, busi dst.

Berikut adalah beberapa tips saat melakukan perjalanan jarak jauh dipedalaman daerah:
  • Kebugaran badan adalah hal yang mutlak dalam berkendara jarak jauh, maka berilah badan istirahat yang cukup misalnya istirahat setiap sekitar empat jam sekali, agaru menghindarkan badan fatik/lelah. SPBU merupakan salah satu tempat yang layak untuk beristirahat, namun perlu diingat bahwa tidak banyak SPBU di Kalimantan terutama di daerah pedalaman. Saat istirahat lakukan pengecekan kondisi kendaraan yang dirasa tidak nyaman saat dikendarai.
  • Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, jika beriringan sebaiknya jaga jarak tidak berjauhan agar jika terjadi sesuatu pada salah satu anggota touring bisa segera dapat dibantu. Perlu diingat kendaraan di luar kota memiliki karakteristik berbeda dengan kendaraan di dalam kota, misalnya kendaraan di luar kota cenderung lebih kencang dan banyakj kendaraan besar seperti truk dan bis. Sehingga sangat diperhitungkan jarak aman saat pengereman dan perhatikan kendaraan dibelakang saat menyalip.
  • Jangan menggunakan handphone atau sambil merokok saat mengendarai kecuali berhenti ditempat yang aman, karena akan mengganggu konsentrasi berkendara.
  • Hindari muatan berlebih karena akan mengganggu keseimbangan kendaraan, terutama saat disalip dan berpapasan dengan kendaraan dari depan.
  • Cek komponen fital seperti mesin, rem, ban stir. 
Demikian tips aman dan mudah-mudahan bermanfaat. Salam Safety Riding.

HWN

0 comments:

Post a Comment